Mini 4WD Indonesia

Informasi seputar tamiya, sejarah tamiya, part tamiya, seting tamiya dan info mini 4wd lainnya.

LightBlog

Breaking

Senin, 21 Mei 2018

Pengertian Tamiya Standart Original (STO)

Tamiya Standart Original (STO) - Pada kelas tamiya standart original (STO), mini 4wd atau tamiya dapat dimodifikasi untuk meningkatkankecepatan dan stabilitasnya di lintasan. Akan tetapi pada kelas standart original (STO) ini komponen atau spare part yang digunakan untuk memodifikasi tamiya atau mini 4wd tersebut harus komponen pabrikan. Misalnya kelas standart original tamiya, maka mobil mini 4wd harus bermerk tamiya dan komponen yang dipergunakan untuk memodifikasi harus bermerk tamiya. Komponen yang ditambahkan pada kelas standart original (STO) ini diantaranya adalah :

Bemper
Roler
Mesin atau motor DC (Orang awam menyebutnya dengan dinamo)
Penambahan komponen selain diatas bagi penyelenggara yang luwes biasanya boleh menggunakan merk bebas seperti :

Shaft (As roda)
Tiang roler
Bearing
Baut dan mur
Pada kelas standart original (STO) ini mobil mini 4wd masih terlihat wajah aslinya, sebagai contoh tamiya atau mini 4wd yang dimodifikasi dengan regulasi standart original (STO) dapat dilihat pada gambar berikut.

Gambar Tamiya Standart Original (STO)


Pada gambar diatas penambahan komponen selain bawaan paket pembelian mobil mini 4wd adalah pemasangan bemper set depan belakang dan roler pada sisi tamiya. Pada kelas standar original ini roda yang digunakan adalah roda bawaan paket pembelian tamiya. Body tamiya juga wajib digunakan pada sat kejuaraan kelas standard original (STO). Bahkan pada kelas standar original (STO) dalam memodifikasi tamiya atau mini 4wd ada yang menambahkan beberapa bemper penguat sekaligus dengan tujuan agar saling menguatkan konstruksi tamiya secara keseluruhan. Contoh modifikasi tamiya standart original (STO) seperti dimaksud dapat dilihat pada gambar berikut.

Modifikasi Tamiya Standart Original (STO)


Pada gambar diatas penambahan bemper penguat dilakukan tidak hanya pada bagian depan dan belakang tamiya, tetapi ditambahkan lagi bemper untukmenguatkan bagian tengah juga. Dengan penambahan bemper hingga pada bagian tengah diharpakan konstruksi tamiya menjadi lebih kaku (keras) sehingga stabilitas tamiya untuk kategori tamiya standart original (STO) menjadi lebih baik di lintasan.