Mini 4WD Indonesia

Informasi seputar tamiya, sejarah tamiya, part tamiya, seting tamiya dan info mini 4wd lainnya.

LightBlog

Breaking

Minggu, 27 Mei 2018

Info Mesin Speed Double

Info Mesin Speed Double - Mesin speed pada artikel ini yang dimaksud adalah gulungan email pada current (angkur). Mesin speed pada umumnya memiliki jumlah lilitan yang tidak banyak yaitu 6 – 10 lilitan saja. Current atau angkur yang digunakan untuk membuat mesin tamiya kategori mesin speed ini pada umumnya menggunakan current (angkur) dengan panjang antara 10 – 12 mm. Kawat email yang digunakan untuk membuat mesin speed memiliki diameter yang cukub besar yaitu antara 0,55 sampai dengan 0,75 mm. Untuk membuat mesin speed pada dasarnya sama saja dengan membuat mesin tamiya yang lain baik dari tata cara melilitkan kawat email ke current (angkur) maupun jenis cunrrent yang digunakan. Mesin speed memiliki berbagai jenis tipe atau model lilitan (gulungan) sebagai berikut.

Contoh Gulungan (Lilitan) Mesin Speed


Dari gambar skema lilitan atau gulungan mesin speed diatas terlihat beberapa jenis lilitan yang dapat diterapkan untuk membuat mesin speed. Kawat email yang kami gunakan untuk membuat mesin speed dengan skema diata adalah kawat email dengan diameter 0,6 – 0,65 mm, kawat email yang digunakan sebaiknya menggunakan kawat email yang memiliki hambatan jenis kecil. salah satu kawat email yang memiliki hambatan jenis kecil adalah kawat jerman. Merk kawat email untuk membuat mesin speed dapat menggunakan merk apa saja yang penting memiliki kualitas tembaga yang baik dan lapisan email yang baik karena mesin speed ini bekerja dengan arus listrik yang besar sehingga kawat email dituntut untuk tahan terhadap perubahan suhu yang tinggi.

Untuk membuat mesin speed double sperti pada skema mesin speed double diatas adala denga membuat lilitan lapisan pertama sesuai dengan skema lilitan yang dipilih dari gambar diatas untukketiga kutubnya secara simetris. Setelah ketiga kutub dililit sesuai skema pada lapisan pertama maka dilanjutkan dengan membuat lilitan untuk lapisan kedua sesua gambar diatas. Setelah proses melilit kawat email pada current (angkur) maka langkah selanjutnya adalah menghubungkan ujung kawat email ke terminal pada komutator mesin speed tersebut. Cara menghubungkan ujung kawat email adalah dengan mengupas lapisan email pada ujung kawat kemudian menyolder ujung kawat email pada terminal komutator mesin speed double tersebut.